Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

Aris Subiyono: Hasil Seminar Fisip UI Mampu Berikan Kontribusi Terhadap Kebijakan Pemerintah

  • Jumat, 23 Maret 2018

Depok: Sekretaris Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Aris Subiyono bersama Tenaga Ahli Komisi I DPR RI Rizky Emirdhani Utama dan Ketua Bidang Dalam dan Luar Negeri KONI Pusat Habibie menjadi pembicara pada Seminar Liga Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (Fisip UI) 2018 di Auditorium Juwono Sudarsono Fisip UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/3) sore. 

Seminar ini mengangkat tema terkait Ketimpangan Infrastruktur di Sektor Olahraga.Kemenpora sangat mengapresiasi Seminar Liga Fisip UI 2018 serta mengharapkan dari seminar itu mampu menghasilkan rekomendasi berharga dalam pembangunan keolahragaan terutama terkait dengan peran lembaga dalam penyelenggaraan dan pengembangan olahraga.

"Selain peran kelembagaan pada pengembangan olahraga dalam seminar ini juga dibahas mengenai ketimpangan infrastruktur, berdasarkan UU SKN pasal 34  ayat 2 bahwa masing-masing daerah kabupaten/kota wajib membina satu cabor unggulan sebagai dasar untuk memberikan bantuan sarpras kepada daerah," ujarnya.

Payung hukum pembangunan olahraga menurutnya, ada di UU No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. "Sebagai rujukan olahraga nasional UU No.3/2005 terutama pasal 4 terkait tujuan yakni keolahragaan nasional bertujuan memelihara, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, sportivitas, disiplin membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional serta mengangkat harkat martabat dan kehormatan bangsa," tambahnya.

"Seminar seperti ini sangat bagus dan kami apresiasi selain melibatkan para akademisi juga stakeholder olahraga untuk bisa memberikan masukan yang konkrit terhadap kebijakan pemerintah kedepan, apapun hasil dari seminar ini diharapkan memberikan rekomendasi pemerintah dalam mengambil langkah kebijakan terhadap ketimpangan pembangunan infrastruktur olahraga yang ada di daerah," tuturnya.

Ketua Pelaksana Liga Fisip UI Tia Regita menjelaskan Liga Fisip UI merupakan program kerja Departemen Olahraga Fisip UI yang memiliki tujuan menjadi Kompetisi Olahraga se-Indonesia untuk mahasiswa sosial dan humaniora. "Meski mengadakan Liga Fisip UI tapi tidak menghilangkan identitas sebagai mahasiswa sosial dan politik, semoga seminar dengan tema Ketimpangan Infrastruktur di Sektor Olahraga ini menjadi bermanfaat," kata Tia. (ben)