Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Asdep Pembibitan dan IPTEK Olahraga Menggelar Tes Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi

  • Khairu Aqsara
  • Rabu, 21 Desember 2016

Bandung: Pencarian bibit-bibit atlet bekualitas di kejuaraan Internasional terus dilakukan oleh Kemenpora. Hal ini dibuktikan oleh Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga yang menggelar kegiatan Tes Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi di GOR Sabilulungan, Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung Kamis (6/10) hingga Sabtu (8/10).

 

Tes Identifikasi Bakat cabor angkat besi ini dihadiri oleh 30 sekolah di 5 kecamatan kabupaten Bandung dengan jumlah calon atlet sebanyak 200 siswa. Dipilihnya kabupaten Bandung sebagai lokasi adalah karena merupakan daerah asal Sriwahyuni atlet peraih medali perak angkat besi di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.“Kami berharap dari sini akan muncul juara-juara Olimpiade berikutnya,”ujar Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Washinton. 

 

Washinton menambahkan bahwa pembinaan calon atlet adalah program jangka panjang yang memakan waktu kurang lebih 8 tahun. “Kita sedang mencari bibit atlet yang berkualitas, untuk dibina menjadi atlet level elite yang akan meregenerasi Eko dan Yuni,” tambahnya. 

 

Sementara Kepala Bidang Angkat Besi Pengurus Besar Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB. PABBSI) Alamsyah Wijaya mengatakan digunakannya metode Talent Identification Test (Tes Identifikasi Bakat) akan memperbesar kemungkinan melahirkan atlet berkualitas karena semua tes dilakukan berdasarkan ilmu keolahragaan. 

 

Selain melibatkan PB. PABBSI kegiatan ini juga mengandeng Disporpar Kabupaten Bandung, PP. Bapopsi Kabupaten Bandung dan Tim Sport Science yang sebagian besar berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (UPI Bandung).