Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017

Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Fasilitasi Sidang LADI

  • Kamis, 20 April 2017

Sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 5 Tahun 2017 tentang Dewan Disiplin  Anti-Doping Pada Penyelenggaraan  PON XIX dan PEPARNAS  XV di Jawa Barat 2016, telah berlangsung hearing Dewan disiplin anti doping terhadap atlet yang diduga terindikasi menggunakan zat doping  pada PON XIX dan PEPARNAS XV  di Jawa Barat.

Sebanyak 14 atlet dari beberapa cabang olahraga selama pertengahan bulan Februari dan awal April hadir dalam hearing yang di laksanakan di gedung PP-ITKON Kemenpora lantai 3. Sebelum berlangsungnya hearing, Kemenpora telah berkirim surat kepada ke 14 atlet yang terindikasi  menggunakan doping di awal bulan Januari 2017.

Imam Nahrawi mengatakan dalam suratnya memberikan penawaran apakah akan membuka sampel B (Sampel yang berisi urin yang masih ada  di panitia penyelenggara PON dan PEPARNAS dan dikirim ke NDTL(New Delhi Doping Testing Laboratory). Dari  14 atlet tersebut, 7 atlet mengambil kesempatan untuk membuka sampel B dan 7 atlet lainnya memberitahukan konfirmasi untuk lebih baik mengikuti hearing saja. Sebagai tindak lanjut, maka tanggal 13 sampai 17 Februari 2017 berlangsung hearing untuk 7 atlet yang tidak membuka sampel B, dan tanggal 3 sampai 6 April 2017 untuk 7 atlet yang menggunakan kesempatan membuka sampel B.

Sesuai undangan, telah hadir memenuhi panggilan 7 atlet yang tidak membuka sampel B dan untuk sidang hari ini 2 atlet dari cabang olahraga binaraga dan menembak dari Jawa Barat. Pada hari sebelumnya tanggal 3 April 2017 telah dilaksanakan Hearing hari pertama kepada 2 atlet cabang olahraga binaraga dari Jawa Tengah. Sidang akan berlanjut hingga hari kamis 6 April 2017 dan terbuka untuk media, dengan tujuan untuk menunjukkan adanya transparansi dan adanya jaminan bahwa Dewan Disiplin bersidang secara fair, profesional dan tidak ada penekanan atau intimidasi dalam bentuk apapun dari pihak manapun.

Keputusan dewan banding diharapkan dapat selesai dalam waktu kurang dari 2 minggu. Sesuai mekanisme,  proses selanjutnya adalah dilakukan nya sidang oleh dewan banding apabila ada pihak atlet yang merasa kurang puas atas keputusan dewan disiplin.  Diharapkan,  Hasil akhir dari seluruh rangkaian proses ini, diharapkan akan selesai pada bulan Mei 2017. (akbar)