Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

Gandeng AIA Financial, Kemenpora Gelar Pelatihan Untuk Pelatih Sepakbola di Ambon

  • Jumat, 20 April 2018

Ambon -  Pelatih Internasional David Blackwood dan Danny Mithcell yang tergabung dalam Global Coaching Team Tottenham Hotspur, mengadakan Coaching Clinik dan Pelatihan Pelatih bagi para pelatih Sepak Bola se-Maluku yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Mandala Remaja Karang Panjang Ambon,  Jum'at (20/04). Sebanyak 75 pelatih klub dan  Sekolah Sepak Bola (SSB) mengambil bagian dalam pelatihan yang berlangsung di Kota Ambon.  

Kegiatan yang bertema Sepak Bola Untuk Negeri sebelumnya   juga digelar di Jakarta dan Bandung,  Train the Trainer,merupakan rangkaian kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan AIA Financial dengan mengambil tema besar, "Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama dan  lebih baik serta mensukseskan Pelatihan 100 ribu pelatih dan Instruktur". 

Acara yang dibuka oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Herman Chaniago berlangsung selama tiga hari.  Dalam arahannya Herman Chaniago mengingatkan, bahwa sepak bola itu tidak hanya mengenai menang atau kalah saja, tetapi didalamnya juga terkandung banyak nilai yang harus ditanamkan kepada para pemain mengenai kejujuran, sportivitas dan persatuan. Semua nilai itu harus ditanamkan kepada para pemain yang dimulai dari keteladanan dari para pelatihnya.

Lebih lanjut dikatakan, sepak bola di Indonesia harus dapat menunjukkan prestasi yang nyata bukan prestasi yang semu. Prestasi semu itu adalah prestasi sesaat yang kemudian pudar lagi. Semoga melalui program ini dan pencapaian pelatihan 100 ribu pelatih dapat mencapai target,  sehingga harapan "Satu Pelatih, Satu Atlet Potensial", tidak sekedar mimpi tapi akan menjadi kenyataan. Ujar Herman, menambahkan. 

Sedangkan pihak AIA yang diwakili oleh GM marketing, Katherin, mengatakan, "Sepak Bola Untuk Negeri - Train the Trainer", memperkuat komitmen terhadap perkembangan sepak bola di Indonesia dan menunjukkan dukungan terhadap program pelatihan 100 ribu pelatih yang dicanangkan oleh Kemenpora. Melalui program ini,  kami memberikan kesempatan kepada para pelatih berbakat untuk meningkatkan kampuan mereka, sehingga mereka mampu menjadi pelatih profesional. 

Sementara Kadispora Prov.  Maluku Samuel Huwae, menyampaikan terima kasih, Provinsi Maluku dijadikan barometer dan projek pembinaan pelatih sepak bola di Indonesia. Memang di Maluku olahraga sepak bola merupakan olahraga masyarakat,  semua lini bermain sepak bola, makanya tidak heran kalau maluku menjadi pusat perhatian, pencarian dan pencetakan bibit-bibit sepak bola baik nasional maupun internasional. 

Selama tiga hari, para peserta pelatihan akan mendapatkan pembekalan berupa materi teori melatih dan praktik langsung di lapangan. Sedangkan dihari terakhir,  para peserta dan kedua pelatih Tottenham Hotspur ini akan mengunjungi kampung Tulehu, kampung yang banyak melahirkan pemain sepak bola nasional maupun internasional,  diantaranya, Hasyim Kipuw, Ramdani Lestaluhu, Ambrizal Umanailo. (guz).