Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

Gelar Identifikasi Bakat di Binjai, Kemenpora Dorong Daerah Lahirkan Atlet Berbakat

  • Jumat, 06 April 2018

BINJAI – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengharapkan identifikasi bakat cabang olahraga atletik dan angkat besi yang digelar di Binjai, Sumatera Utara mampu mendorong daerah untuk mengembangkan prestasi melalui pencarian atlet berbakat. Keinginan itu disampaiakan Kabid Pemanduan dan Pengembangan Bakat Kemenpora, Muhammad Aziz Ariyanto saat menyaksikan identifikasi bakat, Kamis (5/4) siang di GOR Binjai, Sumatera Utara.

Identifikasi bakat yang diikuti 500 pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA di wilayah Kota Binjai dan sekitarnya ini digelar dari tanggal 4-7 April 2018 bekerjasama dengan Dispora Kota Binjai, PB.PASI, PB PABBSI dan akademisi  pada  dua cabang olahraga, yakni atletik dan angkat  besi.

“Identifikasi bakat ini  bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet atletik memberikan suntikan motivasi baru untuk Dispora Kota Binjai dalam pengembangan prestasi dan mencari penerus atlet atletik dan angkat besi,” Jelas Aziz.

Ditambahkannya, identifikasi bakat yang dilakuakan di Kota Binjai merupakan  langkah awal kerjasama Kemenpora dengan pemerintah daerah, Induk cabang olahraga atletik dan angkat besi dan akademisi serta masyarakat  untuk bersama-sama meneruskan tongkat estafet dalam menghasilkan atlet Indonesia yang berprestasi dari Kota Binjai. 

“Kita akan mencari seperti Mardi Lestari, pelari asal dari Kota Binjai yang telah banyak mengukir prestasi Internasional di cabang atletik.” jelasnya.

Komponen dalam tes identifikasi bakat yang dilakukan kepada 500 pelajar tersebut, Aziz menjelaskan terdapat sepuluh tes, yakni tinggi badan, berat badan, rentang tangan, panjang tungkai, Sit & Reach, sprint 40 meter, tes shocken, standing board jump, tes frekwensi langkah dan lari 800 meter.

Setelah  tes yang dilakuakan, hasil tes siswa akan dianalisa dengan menggunakan formula sport science, yang merupakan bentuk pengembangan dan pemanfaatan IPTEK dalam olahraga.

“Evaluasi tes akan membahas terkait kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan secara teknis dari tes tersebut, “ Jelas Aziz.

Kabid Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Binjai, Sujono menjelaskan, identifikasi bakat  untuk dua cabang olahraga ini menghadirkan tim identifikasi dari PB PASI dan PB PABBSI.

Hasil identifikasi nantinya langsung dievaluasi. “Evaluasi untuk  menentukan bakat siswa ke cabang olahraga apa yang cocoknya, Hasil evaluasi itu akan diserahkan ke Pengkot, Dispora dan KONI Binjai guna dilakukan pembinaan calon atlet dengan tim pelatih yang sudah mengikuti Bimtek,” Jelas Sujono

Ditambahkannya, identifikasi bakat ini  sangat perlu agar atlet tidak salah dalam  memilih cabang olahraga. “Dengan demikian, diharapkan atlet lebih maksimal dan mencintai cabang olahraga yang dipilihnya,” katanya. (muc)