Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

Gelar Identifikasi Bakat, Kemenpora Cari Atlet Potensial.di Kota Kediri

  • Olahraga
  • Jumat, 02 Februari 2018

Kediri – Menyadari panjangnya proses menghasilkan atlet potensial, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Pembibitan dan IPEK Olahraga melakukan Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Atletik kepada 250 pelajar tingkat SLTP dan SLTA Kabupaten Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri Jawa Timur, Jumat (2/2) pagi.

Terdapat sepuluh  komponen dalam tes pemanduan bakat yang dilakukan kepada pelajar tersebut, yakni tinggi badan, berat badan, rentang tangan, panjang tungkai, Sit & Reach, lari 40 meter, tes shocken, standing board jump, tes frekwensi langkah dan lari 800 meter.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanduan Bakat Kemenpora,  Muhammad Aziz Ariyanto, menjelaskan pentingnya proses menciptakan atlet potensial harus melalui pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan yang juga dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga.

“Tujuan identifikasi bakat   ini adalah untuk mencari bibit-bibit atlet cabang atletik berbakat di Jawa Timur yang nantinya kami persiapkan  untuk jenjang prestasi baik tingkat nasional dan internasional  yang dapat membela olahraga Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan Aziz, instruktur yang melakukan identifikasi  bakat berasal dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB. PASI)  dan Tim Identifikasi Bakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) serta dibantu instruktur yang berasal dari guru-guru pendidikan jasmani dan pelatih cabang atletik dari Kota Kediri.

“Selanjutnya, atlet yang dikategorikan bagus akan dibina oleh PB PASI  Kota Kediri dan Dinas Pemuda  Olahraga dan Pariwisata Kota Kediri,” tambahnya. (muc)