Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

GELAR TES IDENTIFIKASI, KEMENPORA CARI ATLET DAYUNG BERBAKAT

  • Selasa, 17 Oktober 2017

MALUKU TENGAH –  Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Pengurus Besar Perstuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB.PODSI) menggelar tes identifikasi bakat cabang dayung di lapangan Masohi, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Diikuti 200 pelajar dari se-kabupaten Maluku Tengah, tes identifikasi bakat bertujuan mencari calon atlet dayung berbakat.

Kepala Bidang Pengembangan IPTEK Olahraga Kemenpora, Bambang Siswanto, Selasa (17/10) siang, saat menyaksikan tes identifikasi bakat  menjelaskan untuk mencari calon atlet berbakat  perlu dilakukan  semenjak usia dini.

“Keterbakatan anak kami pantau dari  semenjak usia dini atau pada usia sekolah.” Jelas Bambang Siswanto.

Tes  identifikasi bakat cabang olahraga dayung  di Maluku Tengah, menurut Bambang Siswanto  di lakukan dengan bekerjasma dengan PB PODSI yang selanjutnya calon atlet berbakat  dibina lebih lanjut melalui Klub atau Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP)  sehingga bisa  dikembangkan dan dipantau prestasinya.

Jenis tes yang diberikan kepada peserta berupa tes pengukuran antrophometri, seperti tinggi badan,  berat badan, rentang lengan, tinggi duduk, panjang Tungkai, dan lebar bahu.Selain itu juga dilakukan tes pengukuran kemampuan fisik, yakni  tes lempar tangkap bola tenis, squat, push up, sit up, kecepatan lari 30 meter, dan daya tahan aerobik yang dikenal dengan bip tes.

"Instrumen tes yang di gunakan sebagai alat Identifikasi  dan mengevaluasi perkembangan atlet  yang telah berlatih dayung untuk meninjau kekurangan atau kelemahan atlet setelah sekian lama melakukan latihan.” Jelas Bambang Siswanto.

Ditambahkannya,   hasil dari tes Identifikasi bakat cabang olahraga dayung akan direkomendasikan untuk data yang kelak ditindaklanjuti oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tengah, serta Pengprov PODSI Maluku.

Selain tes identifikasi bakat yang digelar selama tiga hari sejak hari senin (16/10) juga dilakukan bimbingan teknis kepada guru, pelatih, pengurus cabang olahraga dayung untuk bertugas sebagai instruktur diikuti 20 guru penjas dan pelatih.

“Guru penjas dan pelatih dayung termasuk pengurus Pengda Dayung Kabupaten Maluku Tengah  akan diberikan bimbingan teknik  dan bimbingan untuk menjadi Instruktur,” Jelas Bambang Siswanto.

Melalui bimbingan teknis ini diharapkan guru penjas dan pelatih dayung mampu   melaksanakan item-item test yang digunakan untuk mengidentifikasi bakat cabang olahraga dayung, termasuk penggunaan alat-alat tes.

Kabid Bimpres PB. PODSI, Dede Rohmat Nurjaya menjelaskan tes pemanduan bakat dilakukan untuk  mencari bibit baru atlet dayung asal provinsi Maluku yang mampu berprestasi ditingkat nasional bahkan sampai internasional.

“Dari tes identifikasi bakat cabang olahraga dayung ini, kami ingin memantau apakah pelajar yang ikut tes mempunyai keterbakatan pada cabang olahraga dayung. Ungkap Dede. (bam)