Sukseskan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Iptek Bagian Penting untuk Meningkatkan Prestasi Olahraga

  • Senin, 07 Oktober 2019

Medan: Memahami pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Opahraga dalam peningkatan prestasi olahraga,  Kementerian Pemuda dan Olahraga  menyelenggarakan Diseminasi dan Workshop Iptek Olahraga di Cambridge Hotel, Medan. Kegiatan yang digelar Asisten deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga ini dibuka oleh Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Poerwanti, Senin (7/10) pagi.

Dalam sambutannya Yuni Poerwanti  mengatakan pentingnya penerapan Iptek Olahraga harus dimanfaatkan berbagai pihak untuk meningkatkan dan menyelenggarakan olahraga prestasi.

“Diseminasi dan Wokshop Iptek Olahraga ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Provinsi Sumatera Utara sebagai bekal tambahan ilmu pengetahuan dalam rangka mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional Tahun 2024” Jelas Yuni Poerwanti.

Peserta diseminasi  Iptek diikuti pelatih yang berasal dari Penidikan  Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) dan Klub Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara.

Sedangkan peserta workshop Iptek olahraga diikuti  30 orang yang berasal dari Universitas yang memiliki fakultas atau jurusan olahraga seperti Universitas Negeri Medan (Unimed),  Sekolah Tinggi Olahraga Kesehatan (STOK)  Bina Guna, Universitas Syia Kuala Aceh, Universitas Samudera Aceh, Universitas Negeri Padang, Universitas Riau, Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi dan 10 pengprov cabang olahraga unggulan Sumatera Utara.

Narasumber lainnya yang hadir menyampaiakan materi berasal dari pakar olahraga seperti Greg Wilson yang memebri materi Talent Identification dan Talent Development. Avenash Pondoo memberi materi Long Term Athlete Development (LTAD) dan  Roles and Responsibilities for Coaches.  Terkait materi latihan fisik atlet junior diberikan oleh Hari Setiono dan Ria Lumituarso (dok).