Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Kemenpora Cari Bibit Atlet Muda Melalui Tes Pemanduan Bakat.

  • Selasa, 05 September 2017

Magelang  - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga selama empat hari dari tanggal 4 – 7 September 2017 menggelar tes pemanduan bakat olahraga di kota Magelang, Jawa Tengah.

Bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Magelang, sekitar 400 pelajar dari berbagai sekolah di Kota Magelang melakukan sejumlah pengujian aktifitas fisik yang menjadi alat ukur dalam tes pemanduan bakat yang sudah menjadi agenda rutin Kemenpora tiap tahunnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanduan Bakat Kemenpora,  Muhammad Aziz Ariyanto, Selasa (5/9) pagi mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mencari bibit-bibit prestasi potensial yang dapat membela olahraga Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

"Butuh suatu proses yang panjang untuk menciptakan atlet yang potensial melalui pembinaan yang berjenjang, berkelanjutan serta pemanfaatan IPTEK olahraga.” Kata Muhammad Aziz pada acara pembukaan tes pemanduan bakat olahraga.

Terdapat sepuluh  komponen dalam tes pemanduan bakat yang dilakukan terhadap pelajar tersebut, yakni tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang kedua lengan, lempar-tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multitahap.

Lebih lanjut dikatakan Aziz, kegiatan pemanduan bakat ditahun 2017 dilakukan di delapan kota/kabupaten diantaranya di Kota Magelang. “Karenanya, kami berharap hasil dari pemanduan bakat ini dapat ditindaklanjuti pembinaannya oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang.” Tambahnya.

Senada dengan Muhammad Aziz, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, Jarwadi mengatakan tes ini diselenggarakan dalam rangka pencarian bibit olahraga prestasi, khususnya untuk usia 12-14 tahun.

"Terimakasih kepada Kemenpora yang telah menunjuk Kota Magelang sebagai kota yang ditunjuk untuk seleksi pemanduan bakat. Semoga hasilnya dapat memetakan bakat anak-anak kita untuk lebih berprestasi lagi.” Harap Jarwadi..

Acara pembukaan tes pemanduan bakat olahraga ini juga dihadiri Kepala SMKN 1 Kota Magelang,  Ni Sandi ST, Kabid Olahraga Disporapar Kota Magelang, Catur Adi Subagio, serta para instruktur pemanduan bakat. (Ziz).