Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Kemenpora Gelar Pelatihan Wasit Voli dan Tes Pemandu Bakat di Alor

  • Rabu, 22 November 2017

Bertempat di Gedung Pertemuan Aula Gereja Pola Tribuana Kalbahi di Jalan dr Soetomo, Alor Nusa Tenggara Timur, Kemenpora, Selasa (21/11) kemarin, menggelar pelatihan wasit bola voli dan tes pemandu bakat.

Acara yang dibuka oleh Bupati Alor, Drs Amon Djobo, akan berlangsung 21 – 23 September. Acara ini diselenggarakan oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Oraganisasi Keolahragaan dan Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora.

Pelatihan ini diikuti oleh 100 tenaga wasit bola voli dan 400 anak didik yang merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Alor.

Amon Djobo sangat berterima kasih kepada Kemenpora yang telah mempercayakan Alor sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan wasit bola voli dan tes pemanduan bakat olahraga.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para tenaga keolahragaan khususnya tenaga wasit olahraga bola voli di Kabupaten Alor dapat memahami arti pentingnya jenjang kwalifikasi dan sertifikasi perwasitan. Sehingga ke depan mereka yang ikut dalam kegiatan ini akan mampu memimpin pertandingan dan menjadi petugas wasit yang profesional baik di tingkat provinsi maupun nasional,” kata Aman Djobo.

“Saya sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga. Semoga dari tes ini nantinya akan dihasilkan bibit-bibit olahragawan berkwalitas,” ujarnya.

Sehingga kedepan Kabupaten Alor semakin lebih dikenal di kancah Internasional tidak saja melalui destinasi wisatanya yang indah, tetapi juga dikenal melalui prestasi olahraga, lanjutnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pelatih dan Instruktur Kemenpora, Ahmad Arsani menyatakan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan amanah dari UU No. 3 Tahun 2005, Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

“Selain itu yang terpenting dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan pedoman standart bagi para tenaga olahraga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelaksana pertandingan khususnya menjadi wasit bola voli,” tegasnya.

“Lebih dari itu outputnya diharapkan dapat menghasilkan pengelolaan dan pembinaan bagi penyelenggara pertandingan di daerah, dan itu merupakan kontribusi yang berarti dalam pengelolaan pertandingan olahraga baik ditingkat daerah maupun nasional.”

Sedangkan Kasubid Kompetisi Daerah dan Nasional, Yonas Bain yang juga penanggung jawan kegiatan ini, sangat gembira melihat antusiasme para pelajar.

“Kegiatan ini harus menjadi multi efek dalam mendeteksi potensi pelajar dalam mencari bibit-bibit olahraga. Jika kita sudah mampu mendeteksi bahwa seorang anak sudah memiliki bakat dalam olahraga, maka tahap berikutnya harus dilakukan pembinaan lebih lanjut, baik oleh Pemerintah Daerah maupun masing-masing sekolah atau klub.”

“Jika hal ini dilaksanakan dengan baik, nantinya akan menjadi penyemangat dan motivasi bagi si anak untuk menuju jenjang prestasi olahraga dimasa mendatang,” tukasnya.

Hadir pada kesempatan ini Asisten I Pemerintah Kabupaten Alor Ahmad Maro, Kepala Dinas Olahraga Kabupaten Alor Yulius Playkiol, Ketua PBVSI Kabupaten Alor Bay Dolu, Akademisi yang juga menjadi narasumber Dr. Johni Lumba, M.Pd, Dr. Iwan Barata, M.Pd, dan Tokoh masyatakat Alor yang juga praktisi olahraga Thobias Tubulau. (dok)