Sukseskan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Kemenpora Lakukan Disiminasi Iptek Olahraga Lima Cabang Olahraga di Sulawesi Barat

  • Jumat, 13 September 2019

Poliwali Mandar - Perlunya membangun pembinaan keolahragaan melalui desain program atlet jangka panjang, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, melalui Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga melakukan Disiminasi Iptek Olahraga untuk Lima Cabang Olahraga di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Lima Cabang olahraga yang menjadi fokus disiminasi  Iptek Olahraga, yakni cabang Atletik, Dayung, Pencak Silat, renang dan sepak Takraw dilaksanakan dari tanggal 11-14 September 2019  dikuti oleh pelatih yang berasal dari  Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan  Klub Olahraga di wilayah Sulawesi Barat.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora, Washinton Kamis (12/9) malam, saat membuka kegiatan menjelaskan Disiminasi Iptek Olahraga yang dilakukan dengan menghadirkan narasumber yang berasal  para pakar, akademisi dan ahli di bidang kecaboran untuk membantu membangun dan membenahi cabang olahraga melalui edukasi dalam pembinaan olahraga dengan desain program atlet jangka panjang.

“Disiminsi Iptek Olahraga ini dilakukan  mulai dari rekrutmen, program latihan, nutrisi dan evaluasi sehingga pembinaan olahraga menjadi terpola, terukur dan terarah, karenanya saya berharap agar peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk menimba ilmu dan pengetahuan dari pakar dan ahli yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini .” Jelas Washinton.

Sementara itu, Pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat, Muhamad Sabir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpora yang telah memilih Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat sebagai tempat dilaksanakannya Desiminasi Iptek Olahraga.

“Kami berharap kegiatan ini dapat  memacu pertumbuhan pembinaan cabang olahraga di Sulawesi Barat menuju prestasi olahraga nasional.”

Hadir pada pembukaan acara, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Bidang Olahraga, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar dan jajaran pengurus  cabang olahraga di Kabupaten Polewali Mandar.

Narasumber Disiminasi Iptek Olahraga antara lain, ; IWF Coaching & Research  Committee, IOC Coach  Facilitator, Aveenash Pandoo yang menekankan kepada pembinaan atlet jangka panjang dengan tahapan-tahapan dalam pembinaan atlet. (dok).