Kemenpora Lakukan MOU Dengan PB ISSI Dan PP PELTI Untuk Fasilitasi Pelatnas Olimpiade Tokyo 2020

  • Jumat, 21 Februari 2020

Senayan - Setelah melakukan MOU denga Tiga Cabang Olahraga terkait fasilitasi pelatnas olimpiade dan pelatnas pembinaan jangka panjang bebrapa hari laul, kali ini Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan MOU dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Indonesia (PB ISSI) dan Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (PP PELTI) di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2) siang.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPK PPON) Kemenpora, Yayan Rubaeni dengan Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari dan Ketua Umum PP PELTI Rildo Anwar yang disaksikan langsung oleh Menpora RI Zainudin Amali.

"Ini merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk membantu cabor agar bisa berprestasi. Tapi kami pun meminta agar ada timbal balik keseriusan dari cabang olahraga, yakni berupa prestasi yang membanggakan untuk segenap masyarakat Indonesia, serta penggunaan dana sesuai perjanjian, termasuk kehadiran langsung Ketua Umum cabor, kali ini terima kasih kehadiran Ketum PB ISSI dan PB PELTI," kata Menpora Zainudin Amali.

Proses penyaluran bantuan dilakukan dengan me-review substansi program pada proposal yang diajukan oleh PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia dan Persatuan Tenis Lapangan Indonesia. Pengajuan ISSI Rp. 8.810.949.600,- disetujui 6.258.874.900,- dan pengajuan PELTI Rp. 19.334.250.000,- disetujui Rp. 5.903.490.000,-

Ditegaskan Menpora, bahwa penggunaan anggaran yang disalurkan harus dimanfaatkan secara tepat sasaran dan sesuai dengan yang tertera dalam MOU "Apa yang disepakati, itulah yang digunakan. Karena sebelumnya ada yang melakukan kesepakatan untuk kegiatan A, tapi justru digunakan untuk kegiatan B," Kata politisi asal partai Golkar itu.

Turut hadir menyaksikan penandatangan MOU, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Stafsus Peningkatan Prestasi Olahraga M Nigara, Sekjen KONI Ade Lukman.

Sebelumnya, Kemenpora juga telah melakukan penandatanganan MoU pelatnas Olimpiade 2020 dengan tiga induk cabang olahraga lainnya, yaitu PP PBSI (bulu tangkis), PP PABSSI (angkat besi), dan PP PBVSI (bola voli) pada 11 Februari lalu. (muc)