Sukseskan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Kemenpora Lakukan Pemanduan Bakat di Kota Banjar.

  • Kamis, 17 Oktober 2019

Kota Banjar - Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga  bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar selama tiga hari dari Rabu (16/10) kemarin, melakukan Pemanduan Bakat Olahraga yang diikuti 400  pelajar tingkat SMP se-Kota Banjar di Sport Center Kota Banjar.

Kegiatan yang diawali dengan Bimbingan teknik Pemanduan Bakat kepada guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (PJOK) dan panitia yang berasal dari Dispora Kota Banjar dilaksankan di Aula Dispora Kota Banjar, Jalan Siliwangi, Banjar.

Kepala Bidang Olahraga, Dispora Kota Banjar, Adeng Hendrawan mewakili Kadispora menyampaikan terima kasih kepada Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah memfasilitasi kegiatan pemanduan bakat olahraga di Kota Banjar.

Dijelaskannya bahwa banyak bibit atlet potensial yang berasal dari Kota Banjar, karenanya pemanduan bakat ini sangat bermanfaat untuk menghasilkan lebih banyak atlet potensial di Kota Banjar

“Di Kota Banjar  banyak bibit atlet potensial seperti  Toyo Sutoyo di cabang atletik nomor lompat jauh yangsaat ini masuk di PPLP Jawa Barat. Ada juga Kaka Hilmi masuk tim U-16 sepakbola Persib elit Pro dan Dila Nur Fauziah yang tercatat di Persib Putri dan Timnas Wanita.” Kata Adeng.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar, Nana Suryana yang menyaksikan tes pemanduan bakat menjelaskan pihaknya sangat senang dengan digelarnya pemanduan bakat di Kota Banjar. Hal ini sejalan dengan visi  pemerintahan Kota Banjar yang terus mencetak bibit-bibit atlet potensial selain berkonsentrasi pada pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

“Pemanduan bakat sangat tepat karena secara empiris dapat memetakan keberbakatan olahraga untuk selanjutnya dibina pada klub yang ada.” Tambah Nana Suryana.

Ketika ditanyakan dengan upaya pembangunan sarana olahraga, Nana Suryana menjelaskan bahwa saat ini yang  telah terbangun sejak tahun 2014 di Kota Banjar adalah stadion, tenis Indoor dan gedung multi fungsi.

“Kedepannya akan berdiri Wisma Atlet dan Venue Beladiri serta penambahan Tribun Stadion.” Jelas Nana.