Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Kemenpora Menggelar Workshop dalam rangka Penyempurnaan Grand Design Industri Olahraga Nasional

  • Olahraga
  • Jumat, 16 Juni 2017

JAKARTA: Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga terus membangun sinergi dengan stakeholders keolahragaan, baik intansi/lembaga pemerintah, kalangan akademisi, dunia usaha, maupun komponen masyarakat olahraga, kalau kita ingin industri olahraga nasional dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan menjadikan Indonesia bangkit berdiri sederajat dengan negara-negara lain. Untuk itu dibutuhkan tanggung jawab kolektif untuk mengembangkan industri olahraga nasional. Hal itu disampaikan Asisten Deputi Industri dan Promosi (Hj. Suryati) Olahraga saat menyampaikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan Workshop Grand Design Industri Olahraga Nasional. Kamis (15/5) di Hotel Golden, Boutiqe, Jakarta.  

Sinergi kolektif tersebut bisa terwujud, lanjut Suryati jika ada kebijakan strategis yang memberikan arah dan pedoman teknis kemitraan antar stakeholders keolahragaan.  

Dalam menata industri olahraga yang modern dan profesional, harus kita akui pula adanya berbagai kendala dan permasalahan krusial yang dihadapi selama ini, antara lain minimnya kualitas sumber daya manusia, minimnya infrastruktur olahraga, dan belum adanya sistem manajemen industri olahraga yang terintegrasi dan terstruktur, dan minimnya promosi serta pemasaran produk industri olahraga nasional. Semua kendala dan permasalahan tersebut harus menjadi tantangan kita bersama, yang perlu segera dituntaskan dan dicarikan solusi pemecahannya, agar industri olahraga nasional semakin kompetitif dan berdaya saing, Kata Suryati.   

Pembangunan keolahragaan nasional sebetulnya telah memiliki fundasi permanen yang menjadi pijakan bersama, yakni Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Yang dibutuhkan saat ini adalah lahirnya berbagai produk kebijakan strategis yang memberikan arahan dan pedoman teknis, termasuk bagaimana kemitraan antar stakeholder keolahragaan tersebut diatur dalam produk kebijakan strategis Kemenpora,  tambahnya.  

Kepala Bidang Inventarisasi dan Manajemen Industri Olahraga Anang Kosim dalam laporannya, mengatakan Workshop ini adalah bermaksud mereviw sekaligus membahas Grand Design yang sudah tersusun  pada tahun lalu . Kegiatan ini diikuti 50 peserta, 3 narasumber, dan 3 perumus. Dengan harapan dari kegiatan workshop ini dapat dihimpun berbagai pemikiran dari stakeholders dan dihasilkan rekomendasi kebijakan yang selanjutnya dapat menjadi bahan dalam Penyempurnaan Grand Design Industri Olahraga Nasional. (pay)