Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Kemenpora Sambut Baik Gagasan Sawahlunto yang Akan Menggelar Lomba Lari Night Run

  • Olahraga
  • Rabu, 14 Juni 2017

Jakarta –   Senin (13/6) Siang Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut baik gagasan Walikota Sawahlunto  pada bulan November menggelar kegiatan tahunan Lomba Lari Night Run    yang kali ketiga sejak tahun 2015 di Kota Sawahlunto sebagai upaya mengembangkan pariwisata daerah melalui kegiata Olahraga. Berbeda dengan Lomba lari lainnya,Loma lari “Night Run” sesuai namanya dilakukan pada malam hari. Dukungan tersebut disampaikan  Plt. Sekretarias Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Suryati  mewakili Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Washinton menerima audiensi Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf di Ruang Pojok Informasi Gedung PPITKON Lantai 3, Senayan, Jakarta.   

Lebih lanjut Suryati mengatakan bahwa Kemenpora juga mendorong dan memfasilitasi  berbagai  kegiatan-kegiatan olahraga yang berada didaerah wisata dimana  kegiatan tersebut mampu menimbulkan dampak ekonomi yang besar pada masyarakat setempat. “Sejalan dengan tugas dan fungsi kami untuk mengembangkan  Industri dan promosi olahraga, karenanya kami senang sekali gagasan Walikota Sawahlunto untuk mengembangkan sport tourism dan potensi olahraga di masyarakat melalui berbagai kegiatan olahraga, salah satunya digelarnya Night Run di kota Sawahlunto,”  Jelas Suryati yang juga menjabat Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora.  

Dijelaskan Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf bahwa Kota Sawahlunto merupakan kota bekas tambang batubara yang sudah lama tidak berproduksi   sehingga tidak bisa dikembangkan dan tidak menghasilkan pendapatan bagi daerah, karenanya  pariwisata merupakan  salah satu upaya untuk mendukung peningkatan pendapatan daerah pasca ditutupnya tambang batubara, termasuk Sport Tourism didalamnya.    

“Sport Tourism merupakan salah satu indikator mendukung pariwisata di kota tua Sawahlunto, karenanya dengan digelarnya Lomba Lari “Night Run” ini akan mengangkat pariwisata Kota Sawahlunto.” Jelas Ali Yusuf. Lomba lari Night Run tahun 2017 ini direncanakan diikuti sekitar seribu peserta yang berasal dari seluruh Indonesia termasuk pelari Nasional., dan digelar selama tiga hari dengan  total hadiah sebesar 1.888 US Dollar.  “Angka 1.888 US Dollar disesuaikan karana Tahun 1888 merupakan tahun lahir Kota Sawahlunto.” Kata Ali Yusuf.  

Alasan digelarnya lomba lari pada malam hari selama tiga hari, Ali Yusuf menjelaskan agar peserta dapat menginap dan menikmati Kota Sawahlunto. “Dengan demikian berarti akan meningkatkan faktor ekonomi, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.” Tambahnya. Peserta lomba lari Night Run ini dibagi menjadi empat Kategori, yakni Kategori  45 tahun ketas, Kategori 35-45 tahun, Kategori Remaja dan anak-anak usia 10-15 tahun serta  Kategori Umum yang bisa dikuti oleh seluruh kalangan termasuk dari pelari Nasional. Turut mendampingi, Kepala Bidang Inventarisasi dan Manajemen Industri Olahraga, Anang Kosim, Kabid Perencanaan SDM Aparatur dan Arsip, Kumalah dan Kasubbid Prasarana Olahraga Pendidikan, Cecep Sumarna.(muc)