Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Kemenpora Tingkatkan Mutu Wasit Angkat Besi Jelang Asian Games 2018

  • Senin, 23 Oktober 2017

BANDUNG – Menghadapi perhelatan multi ajang Asian Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI)mengelar pelatihan wasit cabor angkat besi berlevel Internasional  berlangsung mulai 22 hingga 26 Oktober mendatang di Bandung.

Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Marheny Dyah Kusumawati, Senin (23/10) malam menjelaskan  pelatihan wasit ini dimaksudkan agar wasit Indonesia bisa memimpin pertandingan secara baik di ajang Asian Games 2018 mendatang.

Buat Indonesia merupakan kesempatan memperkenalkan wasit disamping pada lifter mengingat Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah pesta akbar olahraga empat tahunan itu.


"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 cabang olahraga angkat besi dengan mempersiapkan tenaga wasit yang dapat bertugas di ajang tersebut sesuai dengan kriteria Internasional Federation dalam hal ini International Weighlifting Federation (IWF),"  Jelas Marheny.


"Kemenpora berharap sebagian besar pelaksana teknis cabor angkat besi di Asian games 2018 adalah orang Indonesia, oleh karena itu melalui pelatihan ini saya berharap para peserta dapat memperoleh licence atau sertifikat internasional sehingga representatif untuk bertugas di Asian Games" lanjut Marhaeny. 
 

Ditambahkannya, bahwa cabang  olahraga angkat besi masih menjadi andalan Indonesia dalam mendulang medali oleh karena itu prestasinya harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sengan melakukan pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan.


Sementara itu, Kepala Bidang Angkat Besi PB PABBSI, Alamsyah Wijaya mengungkapkan saat ini PABBSI hanya tujuh  orang wasit internasional II. "Jadi kami menyambut baik fasilitas dari Kemenpora untuk meningkatkan level sertifikat para wasit angkat besi, yang terdekat lulusan dari pelatihan ini dipersiapkan untuk pelaksana teknis di Asian games 2018."

Dengan lebih banyaknya jumlah wasit angkat besi internasional maka diharapkan dapat mendongkrak kualitas dan kuantitas penyelenggaraan event angkat besi baik nasional ataupun internasional. Imbasnya tentu terhadap peningkatan prestasi angkat besi.

Menurut Ketua Pelaksana, Yayan Rubaeni, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari 20 provinsi. Mereka merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh PB PABBSI. Selama pelatihan mereka akan mendapatkan arahan langsung dari Chinen Reiko Kato dari Jepang disamping dari PB PABBSI sendiri. (muc)