Sukseskan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Menpora Resmi Buka ASEAN Schools Games 2019 di Semarang

  • Kamis, 18 Juli 2019

Semarang: Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi secara resmi membuka ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Stadion Holy Terang Bangsa School, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7) sore. Bersama- sama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan President of ASEAN Schools Sports Council (ASSC) Romaizah, Menpora melakukan pemukulan shutelcock menandai dibukanya pesta olahraga multi cabang pelajar tingkat Asean.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaiakan ucapan selamat datang kepada sepuluh negara ASEAN peserta ASG 2019, seraya menucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada Indonesia dalam menggelar event tahunan ini. ”Kita bersyukur ASEAN Schools Games 2019 bisa diselenggarakan di Semarang. Saya ingin menyambut teman kami, sahabat kami dari negara se-ASEAN, terima kasih banyak atas partisipasi saudara. Kami merasa terhormat dan terima kasih, Indonesia telah dipercaya jadi tuan rumah. Tahun mendatang juga Indonesia juga siap untuk menjadi tuan rumah pada event-event olahraga lainnya,” kata Menpora dalam sambutannya. 

Menurut Menpora, kompetisi bergengsi antaratlet muda Asia Tenggara ini tak hanya semata-mata untuk berlomba menjadi juara, tapi juga untuk menjaga solidaritas. “Pelajar adalah generasi muda yang baik. Pemuda penuh dengan semangat yang luar biasa. Bekerja dengan keras untuk bisa mencapai sebuah tujuan, jaga solidaritas. Selamat bertanding untuk seluruh atlet,” kata Menpora.

ASG 2019 diikuti sepuluh negara ASEAN, seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan tuan rumah Indonesia dan mempertandingkan 9 cabang olahraga, yakni cabang  atletik, renang, tenis, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, basket, dan pencak silat.

Berikut negara dan jumlah atlet yang ikut ambil bagian.

Brunei Darussalam, 36 atlet

Kamboja, 35 atlet

Laos, 51 atlet

Malaysia, 167 atlet

Myanmar, 54 atlet