Pemerintah Akan Berikan Bonus Yang Sama Kepada Atlet APG Filipina 2020

  • Senin, 16 Desember 2019

Senayan – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto,  menyatakan bahwa pemerintah mendukung sepenuhnya atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asean Para Games (APG) Filipina 2020 dan akan memberikan bonus yang sama dengan yang diterima atlet SEA Games 2019. 

"Kemenpora mendukung penuh atlet Merah-Putih yang akan berlaga di Asean Para Games 2020 Filipina termasuk bonus mereka pun akan sama dengan atlet non disable SEA Games sebelumnya," ujar Gatot saat menggelar jumpa pers di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin (16/12) siang.

Ditambahkan Sesmenpora untuk bonus atlet Asean Para Games Filipina 2020  sama dengan bonus untuk atlet  SEA Games  2019 lalu, yakni medali emas Rp 500 juta, perak dan perunggu perorangan masing-masing Rp 300 juta dan Rp 150 juta.

Menanggapi target yang diberikan kepada Kontingen Indonesia pada Asean Para Games 2020, Sesmenpora mengharapkan Kontingen Merah Putih mampu menjadi Juara Umum dengan demikian mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraih di Asean Para Games Kuala Lumpur Tahun 2017 lalu.

 

Senada dengan Sesmenpora, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poerwanti juga menjelaskan bahwa pemerintah secara optimal melalui Kemenpora terus mendukung program Asean Para Games Filipina 2020 dari Pelatnasnya sampai pengiriman kontingen ke Filipina.

“Kami akan selalu memberikan pelayanan yang optimal.” Jelas Yuni Poerwanti.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di APG 2020, Andi Herman menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora telah mendukung penuh kontingen APG 2020 Filipina. "Saya sangat bersyukur didukung penuh dari Kemenpora yang telah membantu dalam banyak hal mulai dari fasilitas hingga pembiayaan-pembiayaan lainnya," kata Andi.

"Untuk bisa menjadi juara umum Indonesia mentargetkan meraih 100 keping medali emas, dari 16 cabang olahraga yang diikuti, atlet yang akan bertanding sebanyak 300 orang ditambah ofisial, menejer, pelatih, pendamping dan CdM sebanyak 250 orang sehingga jumlah orang yang akan berangkat yakni 550 orang," urainya.

"Indonesia mengikuti 16 cabang olahraga, dari 16 cabor itu diproyeksikan ada 6 cabor utama akan diharapkan akan bisa meraup 70% medali emas yakni dari atletik, renang, badminton, tenis meja, catur dan angkat berat yakni 70 medali emas," tambah Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdiyanto