Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Buka Liga Catur Mahasiswa dan Nagari 2017

  • Senin, 30 Oktober 2017

PADANG: Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 89, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Poerwanti didampingi Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah membuka Liga Catur Mahasiswa dan Launching Liga Catur Nagarai se-Sumatera Barat, Sabtu (28/10) siang di Gedung Pramuka, Kota Padang, Sumatera Barat. 

Yuni Poerwanti mengapresiasi Liga Catur Mahasiswa dan Liga Catur Nageri se-Sumatera Barat yang diinsiator oleh Feeby Datuk Bangso ini. "Saya mengapresiasi liga catur mahasiswa ini. Hal ini  merupakan ajang pencarian pemain catur berbakat yg bisa diorbitkan dan mendapat sentuhan pelatihan untuk menjadi juara baru di dunia percaturan tanah air maupun internasional. Maka perlu kiranya lomba catur seperti ini untuk sering-sering digelar," ucapnya.

Lebih lanjut, Yuni Poerwanti mengharapkan agar terjalin kerjasama yang berkelanjutan antara panitia liga Catur Nageri dengan PB Percasi. 

“Ini bagus untuk melahirkan bibit pecatur baru, jangan sampai nanti ada pemain catur naturalisasi dan kerjasama liga ini dengan Percasi sudah benar dan harus ditiru juga dengan organisasi mahasiswa untuk bersinergi dengan pengurus Cabor,”ujarnya.

Dan diharapkan lewat kegiatan ini, dapat mentransfer nilai nilai persatuan dan kesatuan untuk menjaga NKRI terus terpatri di dalam dada anak muda dan bangga menjadi Indonesia “Kita Berbeda tapi kita bekerja sama,”ujar Yuni.

Sementara itu, Inisiator liga catur Mahasiswa, Febby Datuak Bangso mengatakan, dengan  digelarnya liga catur antar mahasiswa ini dapat menggairahkan kembali olahraga catur di Sumbar. Karena selama ini kita merasakan peminat untuk bertanding catur dirasakan masih kurang.

Menurut Febby pada LCN 2017 Sumbar selain back-up full Kemendes PDTT, juga bekerja sama dengan Kemenristek Dikti dan Kemenpora.“Target kita tercatat dan memecahkan Rekor MURi, dimana teknisnya panitia bekerjasama dengan Percasi Sumbar,”ujarnya.

Liga catur nagari ini akan dilaksanakan di 1.148 warung atau lapau pada 1.148 nagari atau desa, yang dilaksanakan secara serentak. Konsep satu nagari setiap warung akan dilaksanakan pertandingan catur. Para peserta berasal dari mahasiswa di Sumbar dilaksanakan selama dua hari dengan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta. (dok)