Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

PPON Kemenpora Lakukan PKS Bantuan Pemerintah Ke Cabor Untuk Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional

  • Senin, 25 Februari 2019

Jakarta -  Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Pejabat Pembuat Komitmen Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) terkait  Penyaluran Bantuan Pemerintah kepada Induk Cabang Organisasi Olahraga  untuk Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional di Media Center, Kemenpora, Senayan Jakarta, Senin (23/2) Siang. PKS yang baru dilakukan dengan tiga induk cabang organisasi olahraga disaksikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

Penandatangan Kerja Sama ini merupakan  langkah pemerintah untuk mendukung cabang olahraga dalam mempersiapkan pelatihan nasional SEA Games 2019 yang akan digelar bulan November 2019 di Filipina.

Penandatangan   dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen PPON Kemenpora, Gajah Nata Surya dengan perwakilan Pengurus Cabang Olahraga yang diketahui langsung oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Marheni Dyah Kusumawati.

Pengurus cabang olahraga yang hari ini melakukan penandatanganan kerja sama yakni, PB Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dengan jumlah penyaluran bantuan Rp 14.505.158.000,- , untuk PB Persatuan Angkat Berat, Binaraga dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) sebesar Rp 12.003.986.000,- dan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) senilai Rp 10.096.360.000,- 

Kehadiran Menpora Imam Nahrawi dalam Penandatangan Kerja Sama ini untuk memastikan agar dalam waktu dekat semua program pelatnas pengurus cabang olahraga berjalan tanpa hambatan. Menpora juga mengingatkan agar cabang olahraga dapat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan pemerintah yang sangat terbatas ini, serta dipertanggungjawabkan dengan tertib dan akuntabilitas.

"Saya menyampaikan dana untuk prestasi ini kurang lebih 500 miliar dibagi dua. Pertama untuk cabang olahraga prestasi kurang lebih 300 an miliar atau 312 miliar, kemudian untuk MPC kurang lebih 150 miliar untuk persiapan Asean Para Games 2019. Pembagian itu yang kemudian di verivikasi, sehingga masing-masing cabor dilihat mana yang secara prestasi itu telah memberikan prestasi di Asian Games 2018 atau rencana di SEA Games yang akan datang, dari situlah keluar angka-angka yang tertera di MoU tersebut," Jelas Menpora.  

"Jadi murni angka-angka tersebut sudah melalui verifikasi tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Saya berharap ketua umum cabang olahraga bisa datang langsung agar saya bisa  menyaksikan langsung proses MoU nya," tambah Menpora. Ikut hadir dalam penandatanganan PKS tersebut yakni, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. Plh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Candra Bhakti, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, dan beberapa pejabat Eselon I dan II Kemenpora. (muc)