Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H 2017 Mari Gelorakan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) XIV Jawa Tengah 2017

Sesmenpora Sambut Kontingen Special Olympic Winter Games 2017 di Bandara Soekarno Hatta

  • Senin, 27 Maret 2017

Jakarta, (27/03): Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mewakili Menpora RI didampingi Asdep Olahraga Prestasi Chandra Bhakti yang mewakili Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, serta Asdep Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus dr. Bayu saat menyambut kedatangan kontingen Indonesia di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 00.53 WIB.

Kedatangan 12 atlet binaan SOIna ke Indonesia penuh kebanggaan karena 8 di antaranya berhasil memenangkan medali perunggu untuk cabang olahraga Bola Lantai (Floorball). Kemenangan tersebut diraih setelah mengalahkan Namibia (1-0) pada Kamis (23/03) dalam multy event Special Olympics World Winter Games 2017, Austria.

Special Olympics World Winter Games merupakan salah satu kompetisi olah raga kelas dunia yang ditujukan khusus bagi atlet Penyandang Disabilitas Intelektual (Persons With Intellectual Disabilities). Multy event tersebut pada tahun 2017 ini berlangsung di kota Graz, Austria, dari 14 - 25 Maret 2017.

Kegiatan ini diadakan setiap dua tahun sekali dan dikuti lebih dari seratus negara di dunia. Austria pertama kali menjadi tuan rumah sejak kompetisi tahun 1993. Dan pada tahun ini Indonesia melalui SOIna pertama kali mengikuti Special Olympics World Winter Games.

Tahun ini Special Olympics World Winter Games digelar dengan melibatkan 2700 atlet dari 107 negara dan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia melalui kanal olahraga ESPN.

Di samping Floorball, cabang olah raga lain yang dipertandingkan adalah Alpine Skiing, Cross Country Skiing, Figure Skating, Floor Hockey, Snowboarding, Snowshoeing, Short Track Speed Skating, dan Stick Shooting.

Meskipun kompetisi olahraga sejenis ini tergolong jarang di Indonesia, namun prestasi yang dicapai kontingen Indonesia tidak kalah dengan atlet dari negara lain yang lebih dulu bergabung dalam Special Olympics World Winter Games. (Amr)