Sukseskan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Siapkan Atlet Elit, Kemenpora Gelar Workshop Iptek Olahraga dan Sosialisasikan LTAD

  • Jumat, 04 Oktober 2019

Surabaya – Menyadari pentingnya Penerapan IPTEK Olahraga dalam pembinaan atlet elit, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga menggelar Workshop Iptek Olahraga dan Sosilaisasi Program Pembinaan Atlet Jangka Panjang atau yang lebih dikenal dengan Long Term Athlete Development (LTAD) di Hotel Swiss Bell Inn Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 2-3 Oktober 2019 diikuti akademisi dan praktisi olahraga yang berasal dari 31 Provinsi sebagai media penyampaian informasi dan forum diskusi dalam proses pembinaan atlet di seluruh Indonesia.

Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Purwanti dalam paparanya, Kamis (3/10) siang menyampaikan LTAD atau sistem pembinaan atlet jangka panjang merupakan sistem latihan yang sudah terbukti berhasil menelurkan atlet-atlet elit tingkat dunia.

“Salah satu template LTAD yang paling banyak digunakan ialah Model LTAD  yang diciptakan ilmuwan olahraga kebangsaan Canada, Ishtvan Balyi.” Tambah Yuni Purwanti

Lebih lanjut Yuni menjelaskan bahwa dalam implementasinya Balyi membagi LTAD menjadi 6 tahap yakni active start, fundamental, learning to train, training to train, training to compete, dan training to win.

Narasumber lainnya yang hadir menyampaiakan materi berasal dari pakar olahraga seperti Greg Wilson, Avenash Pondoo, Hari Setiono dan Ria Lumituarso. (dok)