Sukseskan Asian Games XVIII Jakarta - Palembang 2018

Tingkatkan Kualitas dan Wawasan Pelatih di Sumut, Kemenpora Gelar Pelatihan Bagi Pelatih Fisik

  • Kamis, 13 September 2018

Medan – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga bekerjasama dengan KONI Sumatera Utara menggelar Pelatihan Pelatih Fisik tingkat provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 di ikuti 100 peserta yang berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, KONI Sumatera Utara  serta pelatih  yang berasal dari seluruh cabang olahraga yang ada di Sumatera Utara.

Kabid Peningkatan Mutu Pelatih dan Tenaga Pendukung Kemenpora, Ahmad Arsani menjelaskan pelatihan pelatih fisik yang digelar tanggal    12 – 16 September 2018   merupakan program berkesinambungan yang dilakukan Kemenpora di beberapa provinsi di Indonesia.

“Kali ini, Sumatera Utara merupakan tempat digelarnya pelatihan pelatih fisik karenanya kami mengucapkan terimakasih atas dukungan KONI Sumut sehingga pelatihan ini berlangsung dengan lance,” jelas Arsani.

Ditambahkannya, tujuan digelarnya pelatihan itu untuk memberikan pemahaman yang sama kepada para pelatih tentang cara melatih fisik bagi atlet

“Sehingga dari pelatihan pelatih fisik ini, pelatih mampu memberikan penerapan dalam program pelatihannya  terkait fisik atletnya.” tambahnya.

Kadisporasu, Baharuddin Siagian mengapresiasi  dukungan Kemenpora dalam menggelar pelatihan pelatih fisik untuk menambah wawasan dan sekaligus meningkatkan kualitas pelatih bagi semua cabor yang ada di Sumatera Utara

Baharuddin berharap  para pelatih peserta pelatihan fisik ini mampu memanfaatkan momen ini untuk menambah pengetahuan dalam melatih. “Sehingga nantinya para pelatih semakin berkualitas”, tutur Baharuddin saat membuka Pelatihan Pelatih Fisik Tingkat Provinsi Suamtera Utara, Rabu (12/9) malam di Hotel Garuda Plaza, Medan.

Dia juga menyampaikan, bahwa dalam era perkembangan teknologi seperti saat ini, pengembangan olahraga latihan fisik semata. Upaya meraih prestasi para atlet harus melalui perencanaan matang, salah satunya dengan memperhatikan faktor kecerdasan para atlet.

Pasalnya, mentalitas seorang atlet juga harus menjadi bagian penting. “Ini menjadi basis pembinaan. Dengan begitu, pelatih harus mampu meningkatkan kecerdasan intelektual atlet. Kalau pelatihnya cerdas, sudah tentu atletnya cerdas”,ujarnya.

Baharuddin juga berceritera tentang keberadaan PPLP yang dibina Dispora Sumut. Dia mengatakan saat ini pihaknya membina 11 cabang olahraga di PPLP.

Dari 11 cabor itu dia berharap ditangani pelatih yang berkualitas agar lahir atlet yang berkualitas pula. Mencetak atlet berprestasi bukan hanya sekedar memberikan materi semata, namun ada hal yang lebih penting lainnya, yaitu kebutuhan mereka seperti sarana dan prasarana untuk berolahraga serta laboratorium olahraga yang mampu memperlakukan mereka dengan baik.

Kadispora Sumut pun ingin menjadikan PPLP Sumut sebagai laboratorium atlet untuk menunjang prestasi olahraga Sumut dipentas nasional

“Laboratorium olahraga sangat penting terutama dalam menujang prestasi para atlet tersebut. Tidak dipungkiri juga bahwa menunjang prestasi atlet bukan hanya dengan materi-materi semata namun perlu penunjang seperti laboratorium olahraga, hal ini untuk memacu mereka tetap berprestasi,” ungkapnya. (muc)