Peran Event Esports Sebagai Sebuah Sarana Marketing dan Branding Produk





Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga mengadakan Pelatihan Tenaga Teknis Manajemen Promosi dan Pemasaran Olahraga yang berjudul “E-Sport dan Peluang Generasi Milenial Meraih Prestasi”. Bertempat di Rizen Premiere Hotel, Cisarua, Bogor, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21 - 25 April 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari para atlet e-sport, komunitas gamers, serta para generasi milenial pecinta e-sport.

Di masa pandemi ini, banyak cabang olahraga yang kegiatannya terhenti. Namun di lain sisi, game dan e-sport mulai banyak diminati oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu peluang yang dapat dimaksimalkan oleh brand-brand untuk memasarkan produknya.

“Industri e-sport di Indonesia adalah salah satu jalan masuk brand sentuh pasar milenial”. Hal tersebut disampaikan oleh Robby Aris Cahyadi, General Manager Digital Product Sales Jabodetabek PT. Telkomsel. Robby menambahkan bahwa tingginya ketertarikan kaum milenial dan Gen Z pada game dan e-sport membuat brand semakin tertarik untuk menyentuh pasar e-sport untuk memperkenalkan produknya.

Masuknya brand ke dalam industri e-sport juga memberikan dampak yang baik untuk perkembangan e-sport di Indonesia. Industri e-sport bagi brand sendiri memiliki banyak keuntungan. Menurut Robby, e-sport berperan sebagai sarana Content Marketing, Branding dan Performance Campaign Produk, serta sebagai Brand Ambassador bagi brand itu sendiri.

Robby melanjutkan bahwa, PT. Telkomsel melalui program Dunia Games membuat suatu wadah untuk komunitas e-sport membantu industri e-sport di Indonesia menjadi salah satu industri yang dapat diperhitungkan di Indonesia maupun di dunia. Robby juga berharap bahwa para pelaku industri game dan e-sport di Indonesia dapat serius dan tekun agar bisa menjadi Gaming Ecosystem yang baik dan menjadikan e-sport menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat berprestasi di Indonesia maupun di dunia. (_adp)



×