Bangun E-sports Sebagai Olahraga Prestasi, Kemenpora Gelar Pelatihan Bertajuk "Melalui E-sports Masa Depan Cerah"





Kamis (25/3), Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga  mengadakan Pelatihan Manajemen Industri Olahraga yang bertajuk “Melalui E-sports Masa Depan Cerah”. Pelatihan yang diinisiasi oleh Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga ini berlangsung dari tanggal 25 Maret 2021 hingga 29 Maret 2021. Bertempat di Hotel Horison Grand Serpong, Tangerang, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Chandra Bhakti, membuka kegiatan ini dengan penuh apresiasi.

“Saya sangat mengapresiasi adanya pelatihan ini, itu menjadi bukti bahwa Kemenpora mendukung percepatan terhadap E-sports di Indonesia, oleh karenanya saya harap para peserta yang hadir disini agar bersungguh – sungguh mengikuti pelatihan ini, supaya kedepannya nama Indonesia akan semakin mendunia dalam hal Olahraga, terutama E-sports” ujarnya.

Seperti yang kita ketahui, E-sports sendiri didukung oleh Kementerian / Lembaga terkait seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, dan tentunya Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk memajukan Sport Industry dan Sport Tourism di Indonesia.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putera, serta perwakilan dari Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden (KSP), Aditya Syarif.

“Presiden Joko Widodo mengharapkan kita harus mendorong perkembangan jaman, khususnya terhadap perkembangan E-sports dan Industri Gaming, untuk itu diperlukan regulasi – regulasi yang tepat sasaran, dan bagaimana kita bisa membina generasi muda untuk lebih kompetitif terhadap tantangan” ujar Aditya.

KSP sangat mengapresiasi dan mendorong agar pelatihan manajemen yang semacam ini bisa terus berkembang, karena olahraga adalah sebuah ekosistem yang perlu dibangun. Tak lupa juga meningkatkan manajemen olahraga dan Sport Science, sehingga kita bisa lebih kompetitif dan berprestasi kedepannya.

Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari komunitas gamers, atlet e-sports serta para generasi milenial pecinta e-sports. Peserta pelatihan akan mendapatkan materi mulai dari bagaimana membangun dan mengembangkan E-sport sebagai olahraga prestasi di Indonesia hingga menelisik potensi dan peluang bisnis E-sports. Narasumber pada pelatihan ini berasal dari industri E-sports, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan juga Pengurus Besar E-sports Indonesia (PB.ESI). (_arp)



×